Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara sepertiga malam terakhir sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh. Hal ini jelas sangat besar pengaruhnya terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh.

Contohlah Rasulullah SAW, yang setiap subuh selalu mendapat asupan udara segar. Beliau saw bangun sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail. Biasanya orang yang memulai kehidupan di pagi hari dengan bangun subuh, akan menjalani hari dengan penuh semangat dan optimisme. Berbeda dengan orang yang tidak bangun di subuh hari, biasanya lebih mudah terserang rasa malas untuk beraktivitas.

Untuk menjaga kesehatan mulut dan giginya pada pagi hari, Rasulullah SAW biasa memakai siwak. Siwak mengandung flour yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Mulut dan gigi merupakan organ tubuh yang sangat berperan dalam konsumsi makanan, Apabila mulut dan gigi sakit, maka biasanya proses konsumsi makanan menjadi terganggu.

Rasulullah SAW membuka menu sarapannya dengan air dingin yang dicampur dengan madu. Dalam Al Qur'an, madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh, menunjukkan arti umum dan menyeluruh. Pada dasarnya madu bisa menjadi obat atas berbagai penyakit. Madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, dan menyembuhkan sembelit, wasir, luka bakar, dan peradangan.

Tujuh butir kurma ajwa (matang) menjadi kebiasaan Rasulullah SAW menjelang siang. Beliau SAW pernah bersabda, "Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun." Hal ini terbukti ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah SAW pada sebuah percobaan pembunuhan di perang Khaibar, racun yang tertelan oleh beliau kemudian bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Sementara itu Bisyir ibu al Barra', salah seorang sahabat yang ikut makan racun tersebut akhirnya meninggal, tetapi Rasulullah SAW selamat dari racun tersebut, Rahasianya adalah tujuh butir kurma yang biasa dikonsumsi Rasulullah saw.

Menjelang sore hari, menu Rasulullah SAW biasanya adalah cuka dan minyak zaitun. Tentu saja tidak hanya cuka dan minyak zaitun, tetapi dikonsumsi dengan makanan pokok seperti roti. Manfaatnya banyak sekali, diantara mencegah lemah tulang, kepikunan, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol, dan melancarkan pencernaan.

Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah SAW adalah sayur- sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama, yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan penyakit.

Setelah makan malam Rasulullah tidak langsung tidur. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan mudah dicerna. Caranya bisa juga dengan shalat. Rasulullah SAW bersabda: "Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras."

Artikel diatas diambil dari buku Panduan Diet Ala Rasulullah SAW yang ditulis oleh Indra Kusumah SKL, S.Psi. Buku ini mengulas tentang pola makan Rasulullah SAW sehari-hari, adab makan Rasulullah SAW, makanan kesukaan Rasulullah SAW serta khasiatnya, makanan dan minuman yang kurang disukai Rasulullah saw, makanan dan minuman yang dilarang Rasulullah SAW, dan lain sebagainya.

Panduan Diet Ala Rasulullah SAW mencoba menggabungkan unsur keteladanan diet ala Rasulullah SAW dengan pengetahuan ilmiah. Buku ini diterbitkan oleh QultumMedia.



Related Posts by Categories



29 comments

kang Arie mengatakan... @ 23 April 2009 23.03

nice info mas...iklan gratis disini
IKLAN-SUPER-GRATIS

anggaarie mengatakan... @ 23 April 2009 23.05

wah patut dan harus dicontoh neh,makasih infonya gan..SEBUAH KISAH, SEBUAH ARTI

buwel mengatakan... @ 23 April 2009 23.23

Memang Rasululloh samudera ilmu tak bertepi ya....

jerova mengatakan... @ 23 April 2009 23.32

keren sob...ente kalo bikin postingan emang selalu mantabs...

bunda azka mengatakan... @ 23 April 2009 23.35

klo mslh bngun sepertiga malam sih agak sulit nih bun..

Lala mengatakan... @ 24 April 2009 01.32

sama kaya bunda Azka, apalagi kalo winter, pinginnya selimutan terus...

Fetra mengatakan... @ 24 April 2009 03.32

hallo.....blog yang informatif nih...bagus juga, di tunggu commentnya di blogfetra - Britney Spears abis mabok di cafe - Siswa tidak lulus UNAS KepSek lengser - Caleg Stress: Kalah dalam pemilu 2009 - Bukan empat mata termasuk program terburuk

eri-communicator mengatakan... @ 24 April 2009 18.25

semoga kita semua mau mengikuti pola hidup sehat rasulullah

eri-communicator mengatakan... @ 24 April 2009 18.26

jalan2 sore menjelang malam ke blog sobat, semoga tdk bosan dg kunjungan saya yg berikutnya

yanuar catur rastafara mengatakan... @ 25 April 2009 08.49

ini yang mestinya kita lakuin juga
agar hidup kita juga bisa sehat
hehehehe

kakve-santi mengatakan... @ 25 April 2009 20.54

hidup sehat ternyata mudah..

Gossip mengatakan... @ 28 April 2009 06.06

Setuju! buah kurma memang banyak manfaatnya..selain mengikuti kebiasaan Rasul juga baik buat kesehatan..

canonsky mengatakan... @ 29 April 2009 10.44

Memang Rosul adalah tauladan yang sempurna untuk kita. Tips2 diatas sepertinya sederhana namun kadang2 sulit juga dilakukan :D

nindrianto mengatakan... @ 29 April 2009 18.47

rasulullah emang panutan di semua gerak hidup dan hati kita ya...thanks for sharing..

Aneh-aneh Disini mengatakan... @ 30 April 2009 20.41

wah.. bagus tipsnya... yang paling kusuka bangun tidur kuterus mandi, lalu sholat, lalu sarapan, lalu minta uang saku, lalu skulah,,, hehehe

3ndur0 mengatakan... @ 3 Mei 2009 07.36

Memang Rasulullah harus kita jadikan tauladan dalam kita menjalani hidup ini..... kalau orang Jawa bilang kalau bangun siang tu rejekinya dipatok ayam karena bangunnya keduluan ama ayam .. hahahaha sepppp sukses selalu sob

Middleblog mengatakan... @ 6 Agustus 2009 22.23

wah... jadi teringat sama pelajaran SD dahulu, waktu di pengajian diberi tahu juga seperti ini sama guru agama. Insya Allah apa yang di lakukan Rasul bisa kita jalani juga.

Amin

tottocorro mengatakan... @ 20 Agustus 2009 12.50

Rosulullah adalah tauladan sempurna bagi kita. beliau selama hidup tidak pernah menderita sakit keras bahkan ketika beliau meninggal pun hanya karena sakit yang ringan.

stop dReAming Start ActioN mengatakan... @ 26 Agustus 2009 14.40

makasih tip sehatnya, nice moga barokah

Muhammad Ngafifi mengatakan... @ 16 Januari 2010 07.15

thaks

jadi referensi saya

NegeriAds.com Solusi Berpromosi mengatakan... @ 30 April 2010 14.58

Makaii maz infonya.
Ini sangat berguna buat saya.
:)

Sarang Semut mengatakan... @ 19 April 2011 15.02

Makasih juga infonya... sangat berguna... keep blogging...

bayu k mengatakan... @ 24 April 2011 14.16

hmm... begitu mulia nabi muhammad saw,.. gaya hidup rasulullah memang sangat baik untuk dicontoh,,

Obat alami kanker cerviks mengatakan... @ 20 Juni 2011 12.33

ga salah klo Rosulullah itu jadi Suri Tauladan Yang Baik.

obat herbal ginjal mengatakan... @ 25 Juni 2011 09.44

thanks..
sangat bermanfaat

hepatitis B mengatakan... @ 25 Juni 2011 09.50

tips kesehatan yang baru,,,
menjaga kesehatan sambil dapet pahala
oke banget !!!!

OBAT HERBAL TANPA EFEK SAMPING mengatakan... @ 25 Juni 2011 13.10

Subhanallah....sangat lengkap ajaran Islam.
semoga hidup kita selalu dihiasi dengan ajaran Rosulullah.

Blackberry 10 VS Samsung Galaxy S3 mengatakan... @ 5 Mei 2012 12.44

makasih tip sehatnya, nice moga barokah

Amiin...

Harga Naik Haji 2012 mengatakan... @ 2 Agustus 2012 13.50

wah jadi pengen jga seperti itu :)

Poskan Komentar