Tuesday

Rekor Dunia yang sampai saat ini masih dipegang Indonesia

Disamping beberapa kekurangan yang sering melekat di tanah air kita Indonesia, namun ada puluhan rekor dunia yang patut kita banggakan sebagai warga negara Indonesia karena sampai saat ini walaupun menjelang PEMILU YANG KE SEPULUH, belum ada yang mampu memecahkan rekor tersebut dari Indonesia.

Berikut daftar 24 rekor dunia yang dimiliki Indonesia.
* Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni) .

* Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).


* Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

* Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60%
hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

* Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.

* Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

* Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

* Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km.. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

* Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus'¬ yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

* Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

* Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

* Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

* Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.

* Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh
(cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).

* Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

* Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

* Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.

* Biodiversity Anggrek terbesar didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

* Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.

* Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

* Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

* Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip *Censored dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

* Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.

* Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Maju trus indonesia- ku! !!!!!

(Dari berbagai sumber)

59 comments:

  1. MAJU INDONESIA

    AKU CINTA INDONESIA

    ReplyDelete
  2. wah,,, kita patut bangga jadi warga negara indonesia.

    btw nih posting buka2 referensi bnyk ya buat cari info ttg indonesia ya??

    ReplyDelete
  3. Duuuuuuh jadi patut berbanngga nih jadi orang indonesia.....Tapi mengapa negara kita dengan yang ter2 nya itu masih ajah seperti ini yaaaa...?

    ReplyDelete
  4. Hidup Indonesia.... btw rekor korupsi kita bukan yang pertama kan boz... ?


    Salam Semar

    ReplyDelete
  5. rekor indonesia lainnya: punya liga sepakbola & pengurus bola yg paling aneh sedunia..hehe.. :D

    ReplyDelete
  6. Sebenernya Indonesia oke juga ya..
    yap kita harus bangga sebagai Bangsa Indonesia

    ReplyDelete
  7. i Love indonesian.
    tetap maju wahai negriku

    ReplyDelete
  8. Dan Tuhan memberikan itu semua, seharusnya negara ini menjadi yang termakmur.

    To all blogger, make a promise that one day we will shake each other hand and say :
    "Great work brothers, now we are the greatest nation in the world"

    Cheers

    ReplyDelete
  9. indonesia emang paling tob dah... huakakakak..

    ReplyDelete
  10. selamat ya Indonesia, masih ada juga rekor yang dipegang Indonesia. selain negara yang paling korup...

    nice post.

    ReplyDelete
  11. Aku bangga Sebagai Poetra Indonesia

    ReplyDelete
  12. Wah,, baru tau aq! nice post sob!
    MAJU INDONESIA-ku!!

    ReplyDelete
  13. ini semua harus kita jaga
    Lanjutkan

    ReplyDelete
  14. Indonesia Raya...
    Satu nusa satu bangsa

    ReplyDelete
  15. memang si bangga bisa jadi bangsa Indonesia...

    tapi te2p ni nangis2 lihat bangsa Indonesia sekarang ini... T__T

    ReplyDelete
  16. Wah kita semestinya sejahtera ya.. tapi yang terjadi malahan sebaliknya.. :(
    TFS frenz ..

    ReplyDelete
  17. wah... salut buat indonesia, tp semakin tua kok semakin ruwet ya... :(

    ReplyDelete
  18. setuju ama lyla..
    makin berumur makin gak karuan..
    seandainya dikelola dengan baik...
    subhanaloh....

    ReplyDelete
  19. Bangga aku jadi anak Indonesia.................!

    ReplyDelete
  20. Selain bangga juga sedih karena harta kami dikuras oleh pihak tertentu saja tanpa pemerataan................!

    ReplyDelete
  21. Indonesia Adalah Negara paling Makmur yang seharusnya ada di bumi, tapi Manusianya uhhhh payah

    termasuk saya......

    ReplyDelete
  22. Indonesia itu emang hebat.
    sayang kita2 ini belum mau untuk mengelola secara maksimal sumberdaya alam yang sudah dilimpahkan oleh Tuhan kepada bangsa ini.

    ReplyDelete
  23. kunjungan perdana..salam kenal yaa.
    i laff indonesiaaa..
    yang penting kita harus cinta tanah air
    kalo bukan kita terus syapa lagi?
    betul??

    ReplyDelete
  24. pokoknya buat indonesia sukses terus deh

    ReplyDelete
  25. Ikut dukung Indonesia, pokoknya harus tetap cinta Indonesia apapun yang terjadi kita warga Indonesia harus ikut bertanggung jawab

    Merdeka........Merdeka........Merdeka........

    ReplyDelete
  26. ada juga loh yang perlu kita banggakan yaitu benteng kraton buton konon benteng di bton tu hmpir tiga kali lipat dbandingkan benteng terbesar dudunia yang dipegan oleh jerman...
    dengar2 sekarang lagi diurus di guiness book of record.........
    kamu dah iat bentengnya...ni alamatnya...
    www.baubau.go.id

    ReplyDelete
  27. mas ada juga loh di baubau.....
    mkin salah satu kota yang memiliki banyak bahasa daerah.......
    kalau kagak percaya kamu kesana......

    ReplyDelete
  28. rekor yang patut kita banggakan dan patut kita syukuri.....

    ReplyDelete
  29. kita harus bangga sebagai rakyat indonesia

    ReplyDelete
  30. Asal masih yang positif gak apa-apa.
    Hehehe...

    ReplyDelete
  31. aku bangga menjadi orang Indonesia
    aku cinta Indonesia..

    ReplyDelete
  32. Ah.. semoga bukan rekor yang jelek yang ditampilin. Maluuuu.

    ReplyDelete
  33. Ok...Walau bagaimanapun Aku Cinta Indonesia Raya
    Hiduplah Tanahku, hiduplah negeriku, Bangsaku rakyatku semuaaaaaaa..nya. Terima kasih...

    ReplyDelete
  34. yeeeee.....bener ttu...
    q bangga jadi anak Indonesia!!!!!

    ReplyDelete
  35. Harus bangga dong jadi Indonesia!!!
    Semoga aja bangsa kita cepet bangkit dari keterpurukan ini...

    ReplyDelete
  36. wah, ternyata di balik kebobrokan indonesia
    bnyak hal yg menjadikan negara ini patut
    kita banggakan,,,,

    ReplyDelete
  37. tuh kan bener Indonesiaku is the bestlah...pokonya paling manteplah negaraku tercinta ini! merdekA!

    ReplyDelete
  38. yah ternyata banyak juga yang ter..... dinegara kita, asalkan jangan ter...... koropsi aja

    ReplyDelete
  39. Kenali Negeri mu, Cintai Negeri Mu

    ReplyDelete
  40. Indonesia memang top deh, kitya harus bangga sebagai rakyat indonesia, adalagi tuh rekor indonesia sebagai negara terkorup dan juga negara no 1 cyber criminenya khan juga rekor loh.

    ReplyDelete
  41. Indonesia memang top deh, kitya harus bangga sebagai rakyat indonesia, adalagi tuh rekor indonesia sebagai negara terkorup dan juga negara no 1 cyber criminenya khan juga rekor loh.

    ReplyDelete
  42. Maju terus Indonesia ku ... harapan itu masih ada ..he..he..

    ReplyDelete
  43. ya,harapan itu masih ada walaupun negara kita juga menempati tingkat teratas dalam hal korupsi dan pornografi.Kita tiadk menutup mata atas 2 hal itu dan jadi PR kita bersama ni sebagai generasi muda

    ReplyDelete
  44. satu lagi. Fort Marlborough adalah benteng inggris terbesar kedua di dunia yang terletak di bengkulu

    ReplyDelete
  45. Maju terus Indonesiaku :)

    aku cinta Indonesia

    Lowongan kerja

    ReplyDelete
  46. wah disini terlihat aslinya Indonesia kita ini kaya raya, sayang bila terus2an tidak dikelola dan dikembangkan dengan baik.

    ReplyDelete
  47. Wuih..Indonesia memang kaya segala-galanya. Hidup Indonesia..!

    ReplyDelete
  48. wahh... ternyata indonesia patut di banggakan !!

    ReplyDelete
  49. bnyak bgt keunikan dari negeri ini.

    ReplyDelete
  50. Wahh harus tetap dipertahankan tuh kawan-kawan...
    apalagi kita sebagi generasi muda harus bisa memberikan yang terbaik bagi negara RI

    ReplyDelete
  51. Indonesia memang hebat,,,,
    klo kita melihat dari positifnya kita jadi bisa termotivasi untuk menjadi bangsa yang bisa dibanggakan ...??

    ReplyDelete
  52. yah begitulah kita harus memepertankan bangsa kita

    ReplyDelete
  53. kekayan alam indonesia yang menjadi rekor perlahan akan hilang karena bangsanya sendiri.

    Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik

    ReplyDelete