Sewaktu masih kecil, mungkin Anda pernah mendengar kisah adaptasi yang berjudul ‘The Little Engine That Could’? Buku itu bercerita tentang kereta api yang bergerak menuju bukit dengan perlahan dan tersendat-sendat. Lokomotifnya berkata pada diri sendiri , “Aku bisa, aku bisa, aku bisa.” Kereta pun terus bergerak naik perlahan hingga tiba di atas bukit dengan selamat.

Pelajaran sederhana yang dapat diberikan dalam cerita tersebut ialah: percayalah pada kemampuan diri sendiri. Jika seandainya lokomotif itu tidak percaya akan kemampuannya tiba di atas bukit, bisa jadi kisah dalam buku itu berakhir dengan menyedihkan.

Bukan hanya lokomotif itu saja yang dapat mengatakan, “Aku bisa, aku bisa, aku bisa”, tetapi Anda pun dapat melakukan hal yang sama. William Arthur Ward, seorang penulis kondang asal Amerika mengatakan, ”Saya adalah pemenang karena saya berpikir seperti pemenang, bersiap jadi pemenang, dan bekerja serupa pemenang.” Ward betul, jika Anda berpikir menjadi seorang pemenang, maka memang benar Anda seorang pemenang.

Kisah heroik sang lokomotif itu dalam dunia nyata dibuktikan sendiri oleh Hendrawan, atlet bulutangkis Indonesia . Tahun 1997, Hendrawan dinyatakan sudah habis oleh PBSI. Karena faktor usia dan prestasinya yang terus menurun, PBSI bermaksud mengeluarkan Hendrawan dari Tim Pelatnas. Tapi Hendrawan punya keyakinan sendiri, bahwa ia percaya akan kemampuannya dan belumlah habis. Hendrawan masih percaya bahwa ia dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi. Dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi, dan tentu saja diiringi oleh kerja keras yang tidak mengenal lelah, Hendrawan menunjukkan kepada dunia bahwa ia memang mampu meraih prestasi yang luar biasa.

Hendrawan pun membuktikan kemampuannya setelah sempat dinyatakan sudah habis. Tahun 1998, Hendrawan menjadi penentu kemenangan Tim Thomas Indonesia. Pada tahun itu juga ia menjuarai Singapura Terbuka. Kemudian di tahun 2000, Hendrawan kembali menjadi penentu kemenangan Tim Thomas Indonesia. Di tahun itu pula ia mengukir namanya dengan meraih medali perak dalam Olimpiade Sydney. Masih di tahun yang sama, ia menjadi runner up Jepang Terbuka. Dan pada tahun 2001, ia menjadi Juara Dunia Tunggal Putra, sebuah gelar yang menjadi idaman pebulutangkis manapun di dunia. Dan pada tahun 2002, ia kembali membawa Indonesia mempertahankan Piala Thomas ke Tanah Air.

Percaya akan kemampuan diri sendiri tak harus ditunjukkan oleh mereka yang berprofesi sebagai atlet, yang bekerja di kantoran, yang mempunyai stamina fisik yang prima, atau mereka yang masih muda dan memiliki semangat menggebu-gebu. Percaya pada diri sendiri, percaya akan kemampuannya, dapat ditunjukkan oleh siapa pun. Tanpa mengenal umur, pekerjaan, status, dan jenis kelamin sekalipun.

Generasi sekarang mungkin hanya mengenal nama Mak Erot. Seorang tokoh pengobatan legendaris khusus laki-laki yang kini telah tiada. Nama lain yang tak kalah kesohornya yang hampir mirip adalah Mak Eroh. Generasi sekarang mungkin tak mengenal nama ini. Tahun 1988, nama Mak Eroh sempat menyedot publik nasional. Saat itu, semua orang ramai memperbincangkannya. Mak Eroh, waktu itu berumur 50 tahun, perempuan dari Kampung Pasirkadu, Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat memang telah mengukir prestasi besar.

Apa yang membuat nama Mak Eroh melambung? Mak Eroh, bergelantungan seorang diri di lereng yang tegak di tebing cadas, di lereng timur laut Gunung Galunggung. Mak Eroh berhasil berjuang sendirian membuat saluran air sepanjang 47 hari. Ketika pertama kali Mak Eroh melakukannya, banyak masyarakat sekitar yang mencibir tindakannya. Tapi hal itu tidak menyurutkan langkahnya untuk terus bekerja. Mak Eroh percaya akan kemampuan dirinya, walau saat itu usianya boleh dibilang tidak muda lagi. Seorang wanita yang mustinya menikmati hari tuanya dengan menimang atau bermain dengan cucunya.

Mak Eroh yang hanya mengecap pendidikan hingga kelas III SD dan memiliki tiga orang anak, dalam aksinya menggunakan tali areuy, tali sejenis rotan sebagai penahan ketika bergelantungan. Sedangkan alat yang dipakai untuk ‘mengebor’ tebing cadas hanyalah cangkul dan balincong, sejenis linggis pendek.

Saluran untuk mengalirkan air dari Sungai Cilutung akhirnya berhasil diselesaikan. Berhentikah tindakan Mak Eroh mengebor tebing cadas? Belum. Dengan semangat yang tak kenal menyerah, Mak Eroh melanjutkan membuat saluran air berikutnya sepanjang 4,5 kilometer mengitari 8 bukit dengan kemiringan 60-90 derajat. Bukan main! Pengerjaannya kali ini dibantu oleh warga desa yang mau membantunya, setelah melihat dengan mata kepala sendiri hasil yang telah dilakukan Mak Eroh. Dalam waktu 2,5 tahun, pekerjaan lanjutan itu terselesaikan dengan baik. Hasilnya? Bukan hanya lahan pertanian sawah Desa Santana Mekar yang terairi sepanjang tahun. Tapi juga dua desa tetangga yang ikut menikmati kucuran air hasil kerja keras Mak Eroh setelah warganya membuat saluran penerus, yaitu Desa Indrajaya dan Sukaratu.

Aksi Mak Eroh akhirnya sampai juga ketelinga Presiden Suharto. Atas aksinya yang tergolong berani dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, Mak Eroh mendapat penghargaan Upakarti Lingkungan Hidup pada tahun 1988. Setahun kemudian, dia juga meraih penghargaan lingkungan dari PBB.

Dua kisah di atas memberikan hikmah bahwa sebenarnya kita memiliki kepercayaan diri yang tinggi atas kemampuan yang kita miliki. Seperti yang dikatakan oleh Mary Kay Ash, pengusaha kosmetik sukses asal Amerika, ”Anda bisa melakukannya jika Anda berpikir demikian, dan jika Anda kira tidak dapat melakukannya, Anda benar.” Percayalah akan kemampuan diri sendiri. Jadilah lokomotif, dan teruslah bergerak untuk maju.

Sumber: Menuju Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri oleh Sonny Wibisono, penulis, tinggal di Jakarta. Ia dapat dihubungi di syok@centrin.net.id

Related Posts by Categories



46 comments

bunda azka mengatakan... @ 17 April 2009 23.21

Waduh.. panjang bgt ya ceritanya??

bersambung dulu nih bacanya, bsk dilanjt lagi, mklum.. sdh 5 watt nih matanya :)

buwel mengatakan... @ 17 April 2009 23.59

alkhamdulillah bisa koment no 2, hehehe....postingannya hebat banget sob, menambah motivasi aku nih....kalo aku nambahin ada kata2 dari GM Gata Kamsky seorang GM catur Amerika yang aslinya dari Russia tapi pindah kewarganegaraan ke amerika. Kata kamsky..."tekun2 lah belajar dan kerja keras karena bakat seseorang di hal apapun hanya berpengaruh 1% ,99% nya adalah ketekunan belajar dan kerja keras....udaaaah.
Gileee bener tulisannya risti nih....aku suka.

IHSAN mengatakan... @ 18 April 2009 06.21

yang sering jadi masalah kadang orang lain yang selalu menggembosi apa yang membuat kita PD

e-je mengatakan... @ 18 April 2009 08.28

siap....
mulai sekarang saya juga mau PD ah hehehehe..

RJ mengatakan... @ 18 April 2009 09.14

menjaga semangat dan motivasi mmg penting dan itu sungguh sangat sulit apalagi dalam serba keterbatasan ... namun Insya Alloh tak ada yag tak mungkin jika Alloh berkehendak ( amin )

IMAM MEQELS mengatakan... @ 18 April 2009 11.17

memotivasi diri bisa dengan segala apa yang ada di sekeliling kita dalam artian banyak yang bisa kita jadikan contoh sederhana agar bagaimana memaksimalkan kemampuan dalm diri agar tergali lenih dalam lagi,untuk bisa meraih apa yang di dambakan.salam

oPa mengatakan... @ 18 April 2009 13.10

Inspiratif banget nih tulisan nya..
apapun yang kita lakukan kl pekerjaan itu kita yakin pada diri sendiri kl kita bisa, yakin bisa, dan tegaskan pada diri bahwa kita bisa, insyaalah ada hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan..

blog anak nelayan mengatakan... @ 18 April 2009 16.16

artikel yang sangat menarik..semangat dan tetap pede

The Chakiman mengatakan... @ 18 April 2009 18.03

sore sob!
kunjungan pertama nich, sekalian aja comment2
blog yang inspiratif :) just call me
the CHAKIMAN

Sandiwara Kita mengatakan... @ 18 April 2009 19.54

Kepercayaan diri memang sangat kita butuhkan bersama saat ini sob.
Asal jangan over PD aja, ya khan sob?
PD, harus disertai dengan refleksi dan kalkulasi yang cermat.

rezKY p-RA-tama mengatakan... @ 19 April 2009 07.13

aku percaya ma diri sendiri,,meskipun gak bisa

Andryan mengatakan... @ 19 April 2009 08.00

Aku percaya bisa jadi novelis (ngarep)...
Walaupun pertama kali tulisan novelku di tolak ama penerbit... Tapi aku percaya aku bisa... Aku terus berusaha membuat yang terbaik...
Yah!!! Aku BISA!!!


SEMANGAT!!!

wong solo mengatakan... @ 19 April 2009 08.47

jadi makin pede nih....hehehe....

arvernester mengatakan... @ 19 April 2009 11.00

yup, tubuh kita bergerak sesuai pikiran kita. optimis kita bisa, semua akan bisa. :)

kunjungan pertama ya?
oh ya, themesnya kayak CMS drupal default.

Anton mengatakan... @ 19 April 2009 12.07

aku hanya sharing saja kepda semua.bahwa percaya kepada diri sendiri itu tidak segampang membalikan telapak tangan. justru yang menjadi kunci percaya kepada diri sendiri adalah ACTION.

Panca mengatakan... @ 19 April 2009 14.00

ah salah tulis tuh bukan mak eroh tapi mak erot....

Lala mengatakan... @ 19 April 2009 19.47

Wah salut sengan semangat juang Mak Eroh.
Artikel diatas jadi pemompa semangatku nich...Semangat!!! Kita pasti bisa...

Fanda mengatakan... @ 19 April 2009 20.06

Nice posting. Inilah unsur yg sering ga ditemui pd org yg gagal. Makanya kalo mo sukses, harus pompa kepercayaan diri!

jerova mengatakan... @ 19 April 2009 20.49

kepercayaan diri emang kunci kesuksesan
berkali2 ta baca neh bos,cuma baru bisa koment hehe

andro_simar mengatakan... @ 19 April 2009 22.51

seperti kata pebisnis "aku tidak akan menyerah supaya aku tidak gagal,, dan aku tidak akan gagal karena aku tidak pernah menyerah." :D

belajar seo mengatakan... @ 20 April 2009 14.21

Be yourself.... mantaaabbb...

yanuar catur rastafara mengatakan... @ 20 April 2009 20.03

sungguh mengingatkan kesadaran kita masing-masing untuk sat ini
dimana sekarang isi pikiran kita hanya bersikap pesimis
sebuah kisah ma eroh ternyata membuat bulu kuduk saya merinding...
buagus tenan euy,,,

buwel mengatakan... @ 21 April 2009 21.27

Maaf koment lagi...semangaaaaaat dan maaf aku dah ngetags nama kamu tanpa ijin risti nggak papa ya, agak ngebosenin emang masalah award...hehehe

aza izan mengatakan... @ 26 April 2009 17.00

kita harusnya punya pemikiran yg PD, karena setiap manusia pasti memiliki keleebihan

aza izan mengatakan... @ 26 April 2009 17.04

kalaupun selama ini kita lemah, itu karena kita tdk sadara bahwa ada sisi lain yg kita miliki

aza izan mengatakan... @ 26 April 2009 17.06

menjadi diri sendiri adalah hal terbaik (menurut aku...lho) tapi masih bisa menerima saran dari org lain tentunya

firmanedy mengatakan... @ 28 April 2009 16.34

Jadi teringat 'kisah' seekor kodok : pada pertandingan memanjat Tebing Curam nan licin. berlombalah 3 ekor kodok. parahnya pertandingan ini para pelomba harus bersaing dengan teriakan, sorakan dan makian penonton yang melemahkan semangat pelomba. sampai pada akhir tersisa satu ekor kodok yang hampir sampai kepuncak garis akhir. Maka semakin keras dan tajamlah sorakan penonton untuk melemahkan semangatnya. namun, seperti tak peduli sang kodok terus berusaha mencapai garis akhir dan BERHASIL. ketika acara pembagian piala dan hadiah, orang2pun bertanya kepada sang kodok : "apa yang membuat dia terus bertahan dan berusaha serta mengacuhkan teriakan penonton ?" . Namun sang kodok tidak menjawab hanya terdiam saja. demikian pertanyaan diulangi, jawabannya sama. Terus seperti itu sampai akhirnya sang kodok sadar kalau dia sedang ditanyai. Kemudian sang kodok menunjuk ketelinganya dan memisyartkan bahwa ia TULI.

canonsky mengatakan... @ 29 April 2009 10.51

wow wow wow... baru dengar nih tentang mak Eroh.... salut salut....

Koch mengatakan... @ 29 April 2009 18.31

Good point .. keep sharing ^_^

Gossip mengatakan... @ 2 Mei 2009 10.56

Setuju..apapun yang kita hadapi dan kita kerjakan kuncinya adalah percaya pada diri sendiri..istilah gaulnya..PEDE AJA LAGEE..

dmathholic mengatakan... @ 2 Mei 2009 20.12

nice post, i like it.

klo soal pr nya ga telalu masalah sama aq, yang penting aq tetap ngeblog,...

dan apa yang aq ketahui diketahui banyak orang...

...have fun

Anonim mengatakan... @ 27 Juni 2009 22.09

sayang euy kisah insfiratif tadi teh tidak sempurna, tidak berakhir happy ending, terutama buat ma eroh.. setelah dapat penghargaan mah ma eroh pada ninggalkeun gak ada yang ngurusin.. bukankah ma eroh tokoh nasional, apa ada yang pernah lihat foto ma eroh ?

NegeriAds.com Solusi Berpromosi mengatakan... @ 30 April 2010 14.57

Makaii maz infonya.
Ini sangat berguna buat saya.
:)

Sarang Semut mengatakan... @ 16 April 2011 22.24

Thanks infonya

geografi mengatakan... @ 2 Januari 2013 02.04

info yang bermanfaat, thaks atas pengetahuannya

Anonim mengatakan... @ 9 Februari 2013 22.58

payday loan payday loan How You Can Settle Your Credit Rating
Card Personal Debt Now
In 1985, Sears introduced the Understand Wire to compete with the digital monopoly
that Visa and MasterCard was taking pleasure in.

Going through the heights of achieving success that the
other big credit rating playing cards have, the
Understand Card has greater than 50 million cardholders with far more than 4 million retailers accepting the
card.
The relief act handed to make sure that that every debtor has a
fair likelihood at shelling out back their
debt at good charges. A variety of late costs and other miscellaneous costs can be eradicated.
This significantly decreases the amount of money of debt.
It no longer ought to be a tooth and nail struggle between borrower and loan company.
One time you get your lenders below management with provision from the act, you could see your
cash stream expand substantially. All many thanks to payday loan lead generation debt
aid.
Skimming is when anyone steals the credit score card intel though you are doing a valid transaction.
It is generally an "inside of occupation" by a
dishonest employee of a reputable merchant. The thief employs a minor electronic machine, referred to as a skimmer, to swipe and save hundreds of credit history card quantities.

Consolidation of personal debt is deemed the optimum treatment if you have extra than
one credit card debt. These money owed can be from credit score cards, banks, or section outlets.
There are also instances just where your current creditor is
charging you superior interest prices. These premiums will be renegotiated
by the consolidation company.
You should certainly at all times implement for your minimal
company credit history card at your existing financial establishment considering
the fact that your banking association can help you in the
acceptance system. So when you will want to have a line of credit history you will
have an established marriage with your financial institution
that could guidance you with credit score applications around $one hundred,000 not using automatic scoring systems.

Of class, credit score card suppliers make their income off excessive interest
premiums. Late charges, about the limit costs, and diverse other costs, are
just icing on their earnings. Credit rating card services needs to be able
to charge for their lending and benefit, but to preserve tagging onerous fees on personal debt considering that it proceeds to develop owing
to other costs, is fairly cruel. Which is why there is credit history card credit card debt relief.

There is a rationale these enterprises established the minimum
payment at 2% of your full financial debt. At that amount you are likely to be shelling out it down the rest of your everyday life. Shell out as much as you can with the intention of spending off the full harmony as efficiently as viable. An extra trick is shrinking the grace period of time relating to the assertion day and the payment due day so that by the time you get your bill, you are already having to pay desire on the stability you have.
Some persons assume that a prepaid Visa card is the same detail as a secured Visa credit score card. This realistically could not be even more from the reality. A prepaid Visa credit history card is substantially totally different from a secured Visa credit score card. Below are five underlying factors why.
Feel free to visit my site payday loans for military members

Anonim mengatakan... @ 5 Mei 2013 12.40

It is almost like starting from scratch without reformatting the Apple - TV.

However, we can't choose our favorite program and movie when we watch TV. The phone is allied with the some advanced sensors such as three-axis gyro, accelerometer, proximity sensor and ambient light sensor.

My blog: apple tv

Anonim mengatakan... @ 5 Mei 2013 16.50

Although I've since switched from a Canon consumer camera to a Nikon prosumer camera (the D300), I still use the Nikon version of the same lenses. Generally you're using 2 bodies using a fast tele zoom and fast wide zoom.
If your camera is not displayed as a drive letter
when connected to your PC you may try with a digital camera card reader.


my webpage :: nikon d7100

Anonim mengatakan... @ 5 Mei 2013 21.21

The device is certainly worth considering, even at the full retail
price and with only a $200 discount on the contract, it might make
sense to consider paying the full retail. A whole host of image enhancing features is provided as standard which allows users to manipulate and edit
images and videos, including autofocus, touch-focus,
face & smile detection as well as geo-tagging which functions
based on GPS. It is priced at around $399 with a 2 year contract and $599 without one.


My page ... samsung galaxy tab

Anonim mengatakan... @ 5 Mei 2013 22.57

The Canon EOS 5D Mark II is $2,499 for body only or $3,299 with a
24'105mm lens. You can buy these accessories and also the new at huge discounts and free shipping too only at. Make sure that the flash units polarities are in the.

Also visit my web blog; canon eos 6d

Anonim mengatakan... @ 6 Mei 2013 04.26

The roku when you first start it up after connecting it to the internet and your TV or monitor has several channels but each
one is only a few clicks away to install and over the
internet the installation is very easy using an account. You can
get an excellent picture on your HDTV if you use a cheap
progressive-scan DVD player with HD upconversion. The stations that I get over the aerial
all have their own icon in the menu.

Anonim mengatakan... @ 7 Mei 2013 17.40

The pack of Black - Berry Play - Book Tablet 64Gb is included with a screen wipe, a pouch
case with foam based material, charger, USB cable, and instruction guide.

I can hook up to the internet several ways - with the wireless ability it's, or tethering for you to my cellphone or, if you've
got a Blackberry working version 5 as well as above you should use the Fill to access the net while about.
These efforts are incredibly obvious when it comes to the
Playbook's strengths as a traveling device.

Feel free to surf to my blog: blackberry playbook

Anonim mengatakan... @ 26 Mei 2013 13.48

In fact, even if you lost the whole partition, data recovery is still
able to retrieve the lost data for you. The Chromebook is also sleeker and includes a more vibrant screen.
With built-in Adobe Flash support and a great browser,
my children have complete access to their documents,
calendars, email, and entertainment.

My web blog: samsung chromebook

Anonim mengatakan... @ 1 Juni 2013 10.51

One user reportedly says that this cover might have
got smashed when the phone was ran over by a car, but
it did its job in protecting the phone. Note 2 adopts the same cover material of Samsung galaxy s3 to make its rear
cover, hence strengthening fashionable aesthetic feelings, but devoid of flexibility that Note has.
Online retailers like Expansys, Clove and Mobile - Fun have indicated
that the white version of Samsung Galaxy Nexus will be available within February next.

Anonim mengatakan... @ 13 Juni 2013 18.18

However it is not so with the new Samsung Galaxy Note 2.
In fact there is everything perfect about this gizmo.
The Nexus S is unfortunately limited to 16GB of internal
storage.

168sdbet mengatakan... @ 23 Maret 2014 05.41

Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
Sukses selalu untuk anda

kunjungi web kami untuk menambah ilmu
www.168sdbet.com
terima kasih

Poskan Komentar