Friday

Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri

Sewaktu masih kecil, mungkin Anda pernah mendengar kisah adaptasi yang berjudul ‘The Little Engine That Could’? Buku itu bercerita tentang kereta api yang bergerak menuju bukit dengan perlahan dan tersendat-sendat. Lokomotifnya berkata pada diri sendiri , “Aku bisa, aku bisa, aku bisa.” Kereta pun terus bergerak naik perlahan hingga tiba di atas bukit dengan selamat.

Pelajaran sederhana yang dapat diberikan dalam cerita tersebut ialah: percayalah pada kemampuan diri sendiri. Jika seandainya lokomotif itu tidak percaya akan kemampuannya tiba di atas bukit, bisa jadi kisah dalam buku itu berakhir dengan menyedihkan.

Bukan hanya lokomotif itu saja yang dapat mengatakan, “Aku bisa, aku bisa, aku bisa”, tetapi Anda pun dapat melakukan hal yang sama. William Arthur Ward, seorang penulis kondang asal Amerika mengatakan, ”Saya adalah pemenang karena saya berpikir seperti pemenang, bersiap jadi pemenang, dan bekerja serupa pemenang.” Ward betul, jika Anda berpikir menjadi seorang pemenang, maka memang benar Anda seorang pemenang.

Kisah heroik sang lokomotif itu dalam dunia nyata dibuktikan sendiri oleh Hendrawan, atlet bulutangkis Indonesia . Tahun 1997, Hendrawan dinyatakan sudah habis oleh PBSI. Karena faktor usia dan prestasinya yang terus menurun, PBSI bermaksud mengeluarkan Hendrawan dari Tim Pelatnas. Tapi Hendrawan punya keyakinan sendiri, bahwa ia percaya akan kemampuannya dan belumlah habis. Hendrawan masih percaya bahwa ia dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi. Dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi, dan tentu saja diiringi oleh kerja keras yang tidak mengenal lelah, Hendrawan menunjukkan kepada dunia bahwa ia memang mampu meraih prestasi yang luar biasa.

Hendrawan pun membuktikan kemampuannya setelah sempat dinyatakan sudah habis. Tahun 1998, Hendrawan menjadi penentu kemenangan Tim Thomas Indonesia. Pada tahun itu juga ia menjuarai Singapura Terbuka. Kemudian di tahun 2000, Hendrawan kembali menjadi penentu kemenangan Tim Thomas Indonesia. Di tahun itu pula ia mengukir namanya dengan meraih medali perak dalam Olimpiade Sydney. Masih di tahun yang sama, ia menjadi runner up Jepang Terbuka. Dan pada tahun 2001, ia menjadi Juara Dunia Tunggal Putra, sebuah gelar yang menjadi idaman pebulutangkis manapun di dunia. Dan pada tahun 2002, ia kembali membawa Indonesia mempertahankan Piala Thomas ke Tanah Air.

Percaya akan kemampuan diri sendiri tak harus ditunjukkan oleh mereka yang berprofesi sebagai atlet, yang bekerja di kantoran, yang mempunyai stamina fisik yang prima, atau mereka yang masih muda dan memiliki semangat menggebu-gebu. Percaya pada diri sendiri, percaya akan kemampuannya, dapat ditunjukkan oleh siapa pun. Tanpa mengenal umur, pekerjaan, status, dan jenis kelamin sekalipun.

Generasi sekarang mungkin hanya mengenal nama Mak Erot. Seorang tokoh pengobatan legendaris khusus laki-laki yang kini telah tiada. Nama lain yang tak kalah kesohornya yang hampir mirip adalah Mak Eroh. Generasi sekarang mungkin tak mengenal nama ini. Tahun 1988, nama Mak Eroh sempat menyedot publik nasional. Saat itu, semua orang ramai memperbincangkannya. Mak Eroh, waktu itu berumur 50 tahun, perempuan dari Kampung Pasirkadu, Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat memang telah mengukir prestasi besar.

Apa yang membuat nama Mak Eroh melambung? Mak Eroh, bergelantungan seorang diri di lereng yang tegak di tebing cadas, di lereng timur laut Gunung Galunggung. Mak Eroh berhasil berjuang sendirian membuat saluran air sepanjang 47 hari. Ketika pertama kali Mak Eroh melakukannya, banyak masyarakat sekitar yang mencibir tindakannya. Tapi hal itu tidak menyurutkan langkahnya untuk terus bekerja. Mak Eroh percaya akan kemampuan dirinya, walau saat itu usianya boleh dibilang tidak muda lagi. Seorang wanita yang mustinya menikmati hari tuanya dengan menimang atau bermain dengan cucunya.

Mak Eroh yang hanya mengecap pendidikan hingga kelas III SD dan memiliki tiga orang anak, dalam aksinya menggunakan tali areuy, tali sejenis rotan sebagai penahan ketika bergelantungan. Sedangkan alat yang dipakai untuk ‘mengebor’ tebing cadas hanyalah cangkul dan balincong, sejenis linggis pendek.

Saluran untuk mengalirkan air dari Sungai Cilutung akhirnya berhasil diselesaikan. Berhentikah tindakan Mak Eroh mengebor tebing cadas? Belum. Dengan semangat yang tak kenal menyerah, Mak Eroh melanjutkan membuat saluran air berikutnya sepanjang 4,5 kilometer mengitari 8 bukit dengan kemiringan 60-90 derajat. Bukan main! Pengerjaannya kali ini dibantu oleh warga desa yang mau membantunya, setelah melihat dengan mata kepala sendiri hasil yang telah dilakukan Mak Eroh. Dalam waktu 2,5 tahun, pekerjaan lanjutan itu terselesaikan dengan baik. Hasilnya? Bukan hanya lahan pertanian sawah Desa Santana Mekar yang terairi sepanjang tahun. Tapi juga dua desa tetangga yang ikut menikmati kucuran air hasil kerja keras Mak Eroh setelah warganya membuat saluran penerus, yaitu Desa Indrajaya dan Sukaratu.

Aksi Mak Eroh akhirnya sampai juga ketelinga Presiden Suharto. Atas aksinya yang tergolong berani dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, Mak Eroh mendapat penghargaan Upakarti Lingkungan Hidup pada tahun 1988. Setahun kemudian, dia juga meraih penghargaan lingkungan dari PBB.

Dua kisah di atas memberikan hikmah bahwa sebenarnya kita memiliki kepercayaan diri yang tinggi atas kemampuan yang kita miliki. Seperti yang dikatakan oleh Mary Kay Ash, pengusaha kosmetik sukses asal Amerika, ”Anda bisa melakukannya jika Anda berpikir demikian, dan jika Anda kira tidak dapat melakukannya, Anda benar.” Percayalah akan kemampuan diri sendiri. Jadilah lokomotif, dan teruslah bergerak untuk maju.

Sumber: Menuju Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri oleh Sonny Wibisono, penulis, tinggal di Jakarta. Ia dapat dihubungi di syok@centrin.net.id

46 comments:

  1. Waduh.. panjang bgt ya ceritanya??

    bersambung dulu nih bacanya, bsk dilanjt lagi, mklum.. sdh 5 watt nih matanya :)

    ReplyDelete
  2. alkhamdulillah bisa koment no 2, hehehe....postingannya hebat banget sob, menambah motivasi aku nih....kalo aku nambahin ada kata2 dari GM Gata Kamsky seorang GM catur Amerika yang aslinya dari Russia tapi pindah kewarganegaraan ke amerika. Kata kamsky..."tekun2 lah belajar dan kerja keras karena bakat seseorang di hal apapun hanya berpengaruh 1% ,99% nya adalah ketekunan belajar dan kerja keras....udaaaah.
    Gileee bener tulisannya risti nih....aku suka.

    ReplyDelete
  3. yang sering jadi masalah kadang orang lain yang selalu menggembosi apa yang membuat kita PD

    ReplyDelete
  4. siap....
    mulai sekarang saya juga mau PD ah hehehehe..

    ReplyDelete
  5. menjaga semangat dan motivasi mmg penting dan itu sungguh sangat sulit apalagi dalam serba keterbatasan ... namun Insya Alloh tak ada yag tak mungkin jika Alloh berkehendak ( amin )

    ReplyDelete
  6. memotivasi diri bisa dengan segala apa yang ada di sekeliling kita dalam artian banyak yang bisa kita jadikan contoh sederhana agar bagaimana memaksimalkan kemampuan dalm diri agar tergali lenih dalam lagi,untuk bisa meraih apa yang di dambakan.salam

    ReplyDelete
  7. Inspiratif banget nih tulisan nya..
    apapun yang kita lakukan kl pekerjaan itu kita yakin pada diri sendiri kl kita bisa, yakin bisa, dan tegaskan pada diri bahwa kita bisa, insyaalah ada hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan..

    ReplyDelete
  8. artikel yang sangat menarik..semangat dan tetap pede

    ReplyDelete
  9. sore sob!
    kunjungan pertama nich, sekalian aja comment2
    blog yang inspiratif :) just call me
    the CHAKIMAN

    ReplyDelete
  10. Kepercayaan diri memang sangat kita butuhkan bersama saat ini sob.
    Asal jangan over PD aja, ya khan sob?
    PD, harus disertai dengan refleksi dan kalkulasi yang cermat.

    ReplyDelete
  11. aku percaya ma diri sendiri,,meskipun gak bisa

    ReplyDelete
  12. Aku percaya bisa jadi novelis (ngarep)...
    Walaupun pertama kali tulisan novelku di tolak ama penerbit... Tapi aku percaya aku bisa... Aku terus berusaha membuat yang terbaik...
    Yah!!! Aku BISA!!!


    SEMANGAT!!!

    ReplyDelete
  13. jadi makin pede nih....hehehe....

    ReplyDelete
  14. yup, tubuh kita bergerak sesuai pikiran kita. optimis kita bisa, semua akan bisa. :)

    kunjungan pertama ya?
    oh ya, themesnya kayak CMS drupal default.

    ReplyDelete
  15. aku hanya sharing saja kepda semua.bahwa percaya kepada diri sendiri itu tidak segampang membalikan telapak tangan. justru yang menjadi kunci percaya kepada diri sendiri adalah ACTION.

    ReplyDelete
  16. ah salah tulis tuh bukan mak eroh tapi mak erot....

    ReplyDelete
  17. Wah salut sengan semangat juang Mak Eroh.
    Artikel diatas jadi pemompa semangatku nich...Semangat!!! Kita pasti bisa...

    ReplyDelete
  18. Nice posting. Inilah unsur yg sering ga ditemui pd org yg gagal. Makanya kalo mo sukses, harus pompa kepercayaan diri!

    ReplyDelete
  19. kepercayaan diri emang kunci kesuksesan
    berkali2 ta baca neh bos,cuma baru bisa koment hehe

    ReplyDelete
  20. seperti kata pebisnis "aku tidak akan menyerah supaya aku tidak gagal,, dan aku tidak akan gagal karena aku tidak pernah menyerah." :D

    ReplyDelete
  21. sungguh mengingatkan kesadaran kita masing-masing untuk sat ini
    dimana sekarang isi pikiran kita hanya bersikap pesimis
    sebuah kisah ma eroh ternyata membuat bulu kuduk saya merinding...
    buagus tenan euy,,,

    ReplyDelete
  22. Maaf koment lagi...semangaaaaaat dan maaf aku dah ngetags nama kamu tanpa ijin risti nggak papa ya, agak ngebosenin emang masalah award...hehehe

    ReplyDelete
  23. kita harusnya punya pemikiran yg PD, karena setiap manusia pasti memiliki keleebihan

    ReplyDelete
  24. kalaupun selama ini kita lemah, itu karena kita tdk sadara bahwa ada sisi lain yg kita miliki

    ReplyDelete
  25. menjadi diri sendiri adalah hal terbaik (menurut aku...lho) tapi masih bisa menerima saran dari org lain tentunya

    ReplyDelete
  26. Jadi teringat 'kisah' seekor kodok : pada pertandingan memanjat Tebing Curam nan licin. berlombalah 3 ekor kodok. parahnya pertandingan ini para pelomba harus bersaing dengan teriakan, sorakan dan makian penonton yang melemahkan semangat pelomba. sampai pada akhir tersisa satu ekor kodok yang hampir sampai kepuncak garis akhir. Maka semakin keras dan tajamlah sorakan penonton untuk melemahkan semangatnya. namun, seperti tak peduli sang kodok terus berusaha mencapai garis akhir dan BERHASIL. ketika acara pembagian piala dan hadiah, orang2pun bertanya kepada sang kodok : "apa yang membuat dia terus bertahan dan berusaha serta mengacuhkan teriakan penonton ?" . Namun sang kodok tidak menjawab hanya terdiam saja. demikian pertanyaan diulangi, jawabannya sama. Terus seperti itu sampai akhirnya sang kodok sadar kalau dia sedang ditanyai. Kemudian sang kodok menunjuk ketelinganya dan memisyartkan bahwa ia TULI.

    ReplyDelete
  27. wow wow wow... baru dengar nih tentang mak Eroh.... salut salut....

    ReplyDelete
  28. Good point .. keep sharing ^_^

    ReplyDelete
  29. Setuju..apapun yang kita hadapi dan kita kerjakan kuncinya adalah percaya pada diri sendiri..istilah gaulnya..PEDE AJA LAGEE..

    ReplyDelete
  30. nice post, i like it.

    klo soal pr nya ga telalu masalah sama aq, yang penting aq tetap ngeblog,...

    dan apa yang aq ketahui diketahui banyak orang...

    ...have fun

    ReplyDelete
  31. sayang euy kisah insfiratif tadi teh tidak sempurna, tidak berakhir happy ending, terutama buat ma eroh.. setelah dapat penghargaan mah ma eroh pada ninggalkeun gak ada yang ngurusin.. bukankah ma eroh tokoh nasional, apa ada yang pernah lihat foto ma eroh ?

    ReplyDelete
  32. Makaii maz infonya.
    Ini sangat berguna buat saya.
    :)

    ReplyDelete
  33. info yang bermanfaat, thaks atas pengetahuannya

    ReplyDelete
  34. payday loan payday loan How You Can Settle Your Credit Rating
    Card Personal Debt Now
    In 1985, Sears introduced the Understand Wire to compete with the digital monopoly
    that Visa and MasterCard was taking pleasure in.

    Going through the heights of achieving success that the
    other big credit rating playing cards have, the
    Understand Card has greater than 50 million cardholders with far more than 4 million retailers accepting the
    card.
    The relief act handed to make sure that that every debtor has a
    fair likelihood at shelling out back their
    debt at good charges. A variety of late costs and other miscellaneous costs can be eradicated.
    This significantly decreases the amount of money of debt.
    It no longer ought to be a tooth and nail struggle between borrower and loan company.
    One time you get your lenders below management with provision from the act, you could see your
    cash stream expand substantially. All many thanks to payday loan lead generation debt
    aid.
    Skimming is when anyone steals the credit score card intel though you are doing a valid transaction.
    It is generally an "inside of occupation" by a
    dishonest employee of a reputable merchant. The thief employs a minor electronic machine, referred to as a skimmer, to swipe and save hundreds of credit history card quantities.

    Consolidation of personal debt is deemed the optimum treatment if you have extra than
    one credit card debt. These money owed can be from credit score cards, banks, or section outlets.
    There are also instances just where your current creditor is
    charging you superior interest prices. These premiums will be renegotiated
    by the consolidation company.
    You should certainly at all times implement for your minimal
    company credit history card at your existing financial establishment considering
    the fact that your banking association can help you in the
    acceptance system. So when you will want to have a line of credit history you will
    have an established marriage with your financial institution
    that could guidance you with credit score applications around $one hundred,000 not using automatic scoring systems.

    Of class, credit score card suppliers make their income off excessive interest
    premiums. Late charges, about the limit costs, and diverse other costs, are
    just icing on their earnings. Credit rating card services needs to be able
    to charge for their lending and benefit, but to preserve tagging onerous fees on personal debt considering that it proceeds to develop owing
    to other costs, is fairly cruel. Which is why there is credit history card credit card debt relief.

    There is a rationale these enterprises established the minimum
    payment at 2% of your full financial debt. At that amount you are likely to be shelling out it down the rest of your everyday life. Shell out as much as you can with the intention of spending off the full harmony as efficiently as viable. An extra trick is shrinking the grace period of time relating to the assertion day and the payment due day so that by the time you get your bill, you are already having to pay desire on the stability you have.
    Some persons assume that a prepaid Visa card is the same detail as a secured Visa credit score card. This realistically could not be even more from the reality. A prepaid Visa credit history card is substantially totally different from a secured Visa credit score card. Below are five underlying factors why.
    Feel free to visit my site payday loans for military members

    ReplyDelete
  35. It is almost like starting from scratch without reformatting the Apple - TV.

    However, we can't choose our favorite program and movie when we watch TV. The phone is allied with the some advanced sensors such as three-axis gyro, accelerometer, proximity sensor and ambient light sensor.

    My blog: apple tv

    ReplyDelete
  36. Although I've since switched from a Canon consumer camera to a Nikon prosumer camera (the D300), I still use the Nikon version of the same lenses. Generally you're using 2 bodies using a fast tele zoom and fast wide zoom.
    If your camera is not displayed as a drive letter
    when connected to your PC you may try with a digital camera card reader.


    my webpage :: nikon d7100

    ReplyDelete
  37. The device is certainly worth considering, even at the full retail
    price and with only a $200 discount on the contract, it might make
    sense to consider paying the full retail. A whole host of image enhancing features is provided as standard which allows users to manipulate and edit
    images and videos, including autofocus, touch-focus,
    face & smile detection as well as geo-tagging which functions
    based on GPS. It is priced at around $399 with a 2 year contract and $599 without one.


    My page ... samsung galaxy tab

    ReplyDelete
  38. The Canon EOS 5D Mark II is $2,499 for body only or $3,299 with a
    24'105mm lens. You can buy these accessories and also the new at huge discounts and free shipping too only at. Make sure that the flash units polarities are in the.

    Also visit my web blog; canon eos 6d

    ReplyDelete
  39. The roku when you first start it up after connecting it to the internet and your TV or monitor has several channels but each
    one is only a few clicks away to install and over the
    internet the installation is very easy using an account. You can
    get an excellent picture on your HDTV if you use a cheap
    progressive-scan DVD player with HD upconversion. The stations that I get over the aerial
    all have their own icon in the menu.

    ReplyDelete
  40. The pack of Black - Berry Play - Book Tablet 64Gb is included with a screen wipe, a pouch
    case with foam based material, charger, USB cable, and instruction guide.

    I can hook up to the internet several ways - with the wireless ability it's, or tethering for you to my cellphone or, if you've
    got a Blackberry working version 5 as well as above you should use the Fill to access the net while about.
    These efforts are incredibly obvious when it comes to the
    Playbook's strengths as a traveling device.

    Feel free to surf to my blog: blackberry playbook

    ReplyDelete
  41. In fact, even if you lost the whole partition, data recovery is still
    able to retrieve the lost data for you. The Chromebook is also sleeker and includes a more vibrant screen.
    With built-in Adobe Flash support and a great browser,
    my children have complete access to their documents,
    calendars, email, and entertainment.

    My web blog: samsung chromebook

    ReplyDelete
  42. One user reportedly says that this cover might have
    got smashed when the phone was ran over by a car, but
    it did its job in protecting the phone. Note 2 adopts the same cover material of Samsung galaxy s3 to make its rear
    cover, hence strengthening fashionable aesthetic feelings, but devoid of flexibility that Note has.
    Online retailers like Expansys, Clove and Mobile - Fun have indicated
    that the white version of Samsung Galaxy Nexus will be available within February next.

    ReplyDelete
  43. However it is not so with the new Samsung Galaxy Note 2.
    In fact there is everything perfect about this gizmo.
    The Nexus S is unfortunately limited to 16GB of internal
    storage.

    ReplyDelete
  44. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    www.168sdbet.com
    terima kasih

    ReplyDelete