Wednesday

Face Book Antara Manfaat dan Mudharat-nya

Facebook, sudah membahana di seantero dunia adalah situs jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg dibantu oleh teman-teman Harvardnya Andrew McCollum dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes.

Dunia digital mengubah interaksi manusia yang secara evolutif membutuhkan pertemuan fisik dan psikis menjadi pertemuan virtual yang dingin. Jika jejaring sosial seperti facebook tidak digunakan dengan bijak, hubungan kekerabatan antar manusia bakal kehilangan keintimannya.

Evolusi tubuh kita dirancang untuk bertemu secara fisik dan psikis. Dari kedua hal itu, manusia diarahkan untuk masuk situasi konflik, ada perasaan senang, cinta, marah benci. Dengan cara itu, manusia bisa bertahan hidup. Dengan kontak fisik, manusia bisa mengasah kewaspadaannya, mampu mengenali orang lain, dan bisa membaca emosi seseorang.

Orang yang kecanduan membangun pertemanan lewat internet tanpa disertai pertemuan fisik dengan orang tersebut akan kehilangan pijakan dengan dunia nyata. Ia masuk dalam dunia simulasi yang seolah-olah punya banyak teman, padahal tidak.

Manfaatnya Face book
1. Dapat mencari teman yang sudah terpisah sekian lama
contohnya : teman waktu sekolah dari tingkat SD sampai Universitas, teman masa kecil yang pernah dibesarkan dalam satu kampung dan teman-teman lainnya yang sudah terjamah dengan technologi.
2. Dapat mencari tambahan penghasilan
contohnya : bisa di jadikan ajang marketing bagi yang sudah mempunyai bidang usaha.
3. Menjadi tempat ber silaturahmi versi dunia maia.
4. Sarana pembentukan identitas
Facebook menjadi sarana pembentukan identitas. Apa yang tidak bisa diekspresikan di dunia nyata, bisa diekspresikan di dunia virtual meskipun tidak sepenuhnya yang ditampilkan itu adalah identitas sebenarnya.

Mudharat-nya Face book (kebalikan dari manfaat)
1. Mengganggu kesehatan
Menurut ahli psikologi Inggris, Dr. Aric Sigman : pengaruh face book membuat orang terpisah satu sama lain karena ke asyikan berinteraksi secara virtual. Fenomena tersebut dapat menimbulkan efek biologis. Kurangnya pertemuan face to face bisa mengubah kerja gen, menganggu respon kekebalan, level hormon, fungsi arteri dan mempengaruhi keadaan mental. Keadaan tersebut diklaim bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius seperti kanker, stroke sampai demensia. Situs jejaring berperan penting membuat orang semakin terisolasi.

2. Meminimalisir interaksi sosial
Sebagaimana diketahui bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa bersosialisasi, lebih baik bercengkerama 20 menit dengan tetangga daripada ber fesbuk ria 2 jam non stop. Lebih baik bercengkerama dengan keluarga 20 menit daripada ber fesbuk ria ber jam-jam.

3. Cinta Lama Bersemi Kembali
Iseng-iseng searching nama si dia sewaktu sekolah, eh... ternyata ketemu langsung deh di add and say hello ngobrol ngalor ngidul tentang masa lalu, terus ngajakin ketemuan, maka terbukalah pintu jalan menuju perselingkuhan. ini berbahaya bagi yang sudah berumah tangga

4. Menjadi kecanduan
Orang yang tidak bijak memanfaatkan facebook akan terkurung dalam narsisisme individual dan terisolasi dari dunia nyata.Mereka yang kecanduan merasa sudah punya banyak teman di dunia maya, lalu enggan menjalin relasi dengan sekitarnya. Hidup menjadi terkurung dalam dunia virtual.

5. Illusion of intimacy
Relasi sosial di fesbuk hanyalah sebuah ilusi. ”Orang merasa dekat dan intim di dunia maya, tapi tidak saling sapa di dunia nyata, bahkan mungkin tidak tahu nama tetangga sebelah. Ini yang disebut illusion of intimacy, ilusi akan keintiman yang berusaha dijembatani FB.

6. Menurunkan produktivitas kerja
Facebook dapat menurunkan produktivitas kerja karyawan, sehingga beberapa perusahaan sudah memblokir akses ke Facebook di kantornya. Bagaimana bisa bisa ber prestasi jika karyawannya kecanduan fesbuk.

7. Menurunkan gairah belajar
Ini juga yang mendasari MUI Jatim mengeluarkan larangan santrinya menggunakan fesbuk.

Dan Masih banyak pengaruh negatipnya fesbuk yang belom saya posting disini, mungkin lain hari akan saya tambahkan tentang mudharatnya fesbuk.

sebelum saya akhiri, ini ada kisah nyata pengaruh negatip fesbuk dalam dunia nyata yang saya dapat dari http://t.ianimaru.com/face-book-menjamur-dikalangan-dunia-maya.htm.

"Kemaren w sempet baca koran tentang tindak kriminal yang dilakukan seorang cowok kepada ceweknya yaitu menyekap dan menganiaya ceweknya selama 18 hari dikediaman orang tua si cowok, alasan yang memicu si cowok melakukan tindakan tersebut adalah hanya karena pada hari valintine atau hari kasih sayang tgl 14 februari kemaren si cewek banyak mendapatkan ucapan dari temen2 cowoknya di facebook…..(miris banget kan)

Kemudian di london seorang suami tega membunuh istrinya hanya karena sang istri menuliskan status -single- di facebooknya….(ga punya otak banget sih tu suami….cemburu buta)

dari 2 kasus diatas mungkin bisa kita simpulkan betapa besar pengaruh negatif dari facebook bagi kalangan masyarakat dunia,dan mungkin itu hanya sebagian kasus yang terungkap akibat penggunaan face book."


Semoga Bermanfaat.

25 comments:

  1. pertamaxxx..

    aku ngga punya akun fesbuk dan aku ngga takut dibilang ketinggalan zaman.

    aku setuju broooowww..

    ReplyDelete
  2. keduax bro...
    aku punya akun pesbuk... selama pesbuk bisa kita kontrol menurutku sih fine2 aja... semua hal di internet bisa aja haram kalo kita menggunakannya secara berlebih... betul gak bro... :)

    ReplyDelete
  3. Apa sih Fesbuk itu..gak kenal ah..*sambil nge tag foto-foto di fesbuk*

    ReplyDelete
  4. asal kita menggunakan dgn bijak q rasa gak ada masalah

    ReplyDelete
  5. Wah gitu yahhh mudharatnya
    makasih banyak infonya sobat

    ReplyDelete
  6. Wow, ternyata memang tergantung kita pandai-pandai membawa diri kita. Selalu menjaga silaturahmi memang penting biarpun melalui fisik maupun melalui media elektronik. Semuanya harus imbang, ambil manfaat yang bisa diperoleh. Terima kasih.

    Oya ada artikel baru nih, mohon komentarnya yah..
    http://blog.its.ac.id/augenedit/2009/05/31/urban-jazz-crossover-2009/

    ReplyDelete
  7. setuju pak bos kalo face book itu bisa mengurangi produktivitas kerja kita...
    kayaknya lebih banyak negatifnya dech dibandingkan manfaatnya..tapi klo fasbook dapat duit gmna sob...
    mau gak?
    ditempat gw ada tuh facebook berbayar..
    http://www.tipz-duit.blogspot.com/2009/05/nyari-teman-dapat-5-pertama-daftar.html

    ReplyDelete
  8. gw suka marah2 tuh sob kalo lihat bini gw dah fasbukan..
    suka lupa waktu..
    nice post dech mantap suratap..and top markotop

    ReplyDelete
  9. Sebagai saran CLBK kayae ane setuju..heehee

    ReplyDelete
  10. Tinggal bagaimana manusianya aja........

    ReplyDelete
  11. yah balik ke masing2 personal ajah. tapi kalau kebanyakan maen facebook juga bakal autis, waspadalah!!!!!!

    ReplyDelete
  12. yach semua ada baik buruknya, tinggal kitanya aja gimana menyikapinya.

    ReplyDelete
  13. wah mungkin tergantung dari individu masing2

    ReplyDelete
  14. ngeri yah sobb...
    numpang tenar bentar disini yah hehe

    ReplyDelete
  15. tergantung individu yang memanfaatkan.
    nasi pun bisa jadi mudharat jika dimakan kelewat batas.
    intinya kita harus bisa menjaga diri

    ReplyDelete
  16. Woooow ini keknya ideal neh ris, ada positif dan negatif...

    ReplyDelete
  17. saya suka postingnya menarik baget..
    blognya keren juga, Sukses selalu..
    Salam kenal dari Blog Heboh, jangan lupa berkunjung balik yah dan berkomentar.. Ditunggu..

    Blog saya yg lainnya:
    Bikin Heboh (Download lagu-lagu Indonesia Terbaru) Mohon dukungannya. =)

    ReplyDelete
  18. ternyata banyak mudharatnya iah facebook hehehe
    tapi semuanya tergantung masing - masing orang juga sih..
    semuanya kan pasti ada sisi positif dan negatifnya hehe
    thanks sudah berbagi lewat tulisan ini :)

    ReplyDelete
  19. Lama sekali aku tidak berkunjung ke blog sobat ini, jadi pangling aku lantaran banyak sekali artikel yg telah kulewatkan disini... :)
    Aku aktif di FB baik utk keperluan personal maupun komunitas batik di Laweyan yg aku bantu dlm promosi. Manfaat yg aku peroleh banyak sekali dan tentu saja tetap waspada terhadap mudharat-nya....

    ReplyDelete
  20. wahh ternyata lebih banyak mudharatnya ya,, tapi tergantung dari pemakaiannya juga sich....
    harus bisa tertatur,,

    ReplyDelete
  21. yapz,,, betul banget tuh gimana diri kita mnasing-masing,,, bila berlebihan maka akan berpengaruh negatif juga bagi kesehatan dan lingkungan

    ReplyDelete
  22. semua hal pasti ada manfaat dan mudharatnya klo berlebihan...
    untuk itu gunakan secara berkala jangan terlalu berlebih....

    ReplyDelete
  23. Klo saya sich di FB tidak terlalu update hanya sekedar ajang silturahmi saja tu juga paling cuma beberapa jam,,,,, gak lebih dari 2 jam

    ReplyDelete